Lorem Ipsum

9.08.2009

Konversi FAT32 ke NTFS

. 9.08.2009

Jika kita baru saja melakukan upgrade dari sistem operasi Windows 9x ke Windows XP, bisa dipastikan sistem file yang dipakai adalah FAT32. untuk mengubahnya menjadi NTFS, yang lebih baik pada beberapa hal termasuk dalam hal kapasitas, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan.

 

Pertama: format ulang partisi hardisk. Tapi, kita harus back-up data dulu. Kalau enggak, data dalam hardisk yang diformat akan hilang. Cara kedua adalah dengan membeli perangkat lunak (software) seperti  Partition Magic yang bisa menyulap partisi FAT32 menjadi NTFS hanya dengan beberapa kali klik.

Cara ketiga, yang gratis, adalah dengan fitur konversi yang sudah ada di Windows. Berikut ini cara pakainya.

  1. Buka menu [Start] kemudian ketik "cmd" pada kotak Run untuk menjalankan Command Prompt.
  2. Pada aplikasi konsole command line yang terbuka, ketik "convert/?".
  3. Ketik perintah "c:\fs:ntfs/v/x".

Kemudian kita akan mendapatkan peringatan bahwa konversi ke NTFS akan dilakukan saat boot. Itu karena sistem file C saat ini sedang aktif dan harus di-unmount terlebih dahulu.

 

Kita tidak perlu melakukan unmount, karena Windows akan melakukannya untuk kita saat booting. Kita hanya perlu menunggu proses konversi tersebut sampai selesai pada saat booting. Kalu sudah, sistem file sudah berubah menjadi NTFS tanpa mengubah dan menghapus isi file yang ada pada hardisk.

View blog reactions

0 komentar:

Posting Komentar