Lorem Ipsum

9.08.2009

Menonaktifkan "Add/Remove Programs"

. 9.08.2009

Melalui Grup Policy Editor, kita bisa menonaktifkan "Add/Remove Programs" yang ada di Control Panel. dengan mematikan fungsi ini, kita bisa mencegah orang lain menambah, mengurangi, serta menginstal ulang komponen dan fitur yang ada di Windows.

 

Ada beberapa fitur atau komponen di Windows yang sengaja diinstal, misalnya IIS. Tapi, ada juga beberapa komponen yang sengaja tidak diinstal untuk menutup jalan masuknya malware. Salah satu cara supaya komponen itu tidak diinstal atau dihapus oleh orang lain adalah dengan menonaktifkan "Add/Remove Programs" yang ada di Control Panel. Kenapa "Add/Remove Program"? Karena dari situlah komponen Windows diinstal atau dihapus.

 

Bisakah mencegah instalasi program? Bisa saja kalau program tidak memiliki aplikasi instalasi sendiri. Tapi, kalau program memiliki aplikasi instalasi sendiri, program itu tetap bisa diinstal.

Agar lebih jelas, Coba ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Jalankan Group Policy Editor dengan mengklik [Start], ketik "gpedit.msc" pada kotak teks Run, lalu tekan [Enter].
  2. Setelah jendela Group Policy Editor terbuka, masuklah ke folder Local Computer Policy\User Configuration\Administrative templates\Control Panel\Add or Remove Programs\.
  3. Klik ganda pada [Remove Add or Remove Programs] yang terdapat di bagian kanan jendela.
  4. Pilih opsi [Enabled] pada radio button yang terdapat di "Add or Remove Programs Properties".
  5. Tekan tombol [OK] lalu tutup jendela Group Policy Editor.
  6. Sekarang, coba akses Add/Remove Programs. Nah lo ........ kok ga bisa dibuka. hehe ...........

Mmmmh ...... begitulah tips n trik cara menonaktifkan fitur Add/Remove program, semoga bisa bermanfaat bagi ...... bagi semuanya deh!!!

View blog reactions

0 komentar:

Posting Komentar